Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh Ayat-Ayat Al-Qur'an AL-HADHARI Dan AS-SAFARI


Al-Hadhari adalah ayat yang turun pada saat Rasulullah SAW, Berada di tempat tinggal (kampung). Adapun yang di maksud dengan As-Safari adalah ayat yang di turunkan pada saat Rasulullah SAW, dalam perjalan (berpergian).

Contoh Ayat Al-Hadhari

1. Surat al-Hujurat ayat (13)

يا يها الناس انا خلقنكم من ذكر ؤانثئ وجعلنكم شعؤبا وقباال لتعارفوا ان اكرمكم عند الله اتقكم ان الله عليم خبير 

Artinya : Hai manusia, sesungguhnya kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal-mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah ialah orang yang paling taqwa di antara kamu. Sesungguhnya Allah maha mengetahui lagi maha mengenal.

Al-Wahidi mengeluarkan sebuah riwayat dari Ibnu Abi Mulaikah: sesungguhnya ayat ini turun di Makkah pada hari fath (Makkah), ketika bilal naik ke atap Ka’bah dan mengumandangkan azan. 

2. Surat An-Nisa’ ayat (58)

ا ن الله يا مركم ان تؤدوا الا منت ال اهلها

Artinya : sesungguhnya Allah menyuruh kamu menyampaikan amanat kepada yang berhak menerimanya.

Ayat ini turun pada saat Fathu Makkah di tengah Ka’bah, sebagaimana di keluarkan oleh Sunaid di dalam Tafsirnya dari Ibnu Juraij, dan Ibnu Mardawaih juga mengeluarkan sebuah riwayat dari Ibnu Abbas.

3. Akhir surat An-Nahl, Imam Al-Baihaqi mengeluarkan sebuah riwayat di dalam Kitabnya, ad-Dalaail, demikian juga al-Bazzar: dari Abu Hurairah bahwa ayat ini turun di Uhud. Ketika itu Nabi SAW. Berdiri di atas manyat hamzah ketika mati syahid. Imam At-Tirmizdi dan hakim mengeluarkan sebuah riwayat dari Ubai bin Ka’ab, sesungguhnya ayat ini turun pada saat Fathu Makkah.

Contoh Ayat As-Safari

1. Surat Al-Haj ayat (39)

اذن للذ ين يقتلون با نهم ظلموا وان الله عل نصر هم لقد ير 

Artinya: Telah diizinkan (berperang) bagi orang-orang yang di perangi, karena sesungguhnya mereka telah dianiaya. Dan sesungguhnya Allah, benar-benar maha kuasa menolong mereka itu.

Imam at-Tirmidzi mengeluarkan sebuah riwayat dari Ibnu Abbas, ia berkata: ketika Nabi SAW. Di usir dari Makkah, maka Abu Bakar berkata,” mereka telah mengusir Nabinya, benar-benar mereka akan binasa.” Maka turunlah ayat ini. Ibnu Al-Hashshar berkata, “sebagian ulama ber-istinbath hukum berdasarkan hadits ini bahwa ayat ini turun pada Nabi SAW. Ketika dalam perjalanan hijrah.

2. Surat Muhammad ayat (13)

و كا ين من قريه هي اشد قوة من قريتك التئ اخر جتك اهلكنهم فلا ناصر لهم 

Artinya: Dan betapa banyaknya negeri yang (penduduknya) lebih kuat dari (penduduk) negerimu (Muhammad) yang telah mengusirmu itu. Kami telah membinasakan mereka, maka tidak ada seorang penolong pun bagi mereka.

Iman as-Sakhawi berkata di dalam kitabnya, jamalul Qur’an: di katakan bahwa Nabi SAW. Ketika berhijrah menuju madinah, beliau berdiri dan melihat makkah sambil menangis, maka turunlah ayat ini.

3. Surat Al-Waqi’ah ayat (13) dan ayat (81)

ثلة من الا ولين 

Artinya: Segolongan besar dari orang-orang terdahulu.

افبهذا الحد يث انتم مد هنو ن 

Artinya: Maka apakah kamu menganggap remeh Al-Qur’an ini ?

An-Nasafi berkata, “kedua ayat tersebut turun pada saat Nabi SAW. Berpergian ke Madinah.” Tetapi saya tidak mendapatkan ada dalil yang menjadi dasar perkataan ini.

Post a comment for "Contoh Ayat-Ayat Al-Qur'an AL-HADHARI Dan AS-SAFARI"

Follow By Email