Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

SEJARAH ILMU GHARIB AL QUR'AN DAN PERKEMBANGANNYA


Ilmu gharib Al-Qur’an sudah munculnya sejak abad ke-2 H. Atha’ bin Abi Rabah, adalah seorang tabi’in yang telah menyusun kitab gharib Al-Qur’an. Nama lengkapnya Imam Atha’ bin Abi Rabah Al-Quraisyi Al-Makki. Dan beliau wafat pada tahun (114 H), merupakan ulama yang siqah lagi faqih. Atha’ bin Abi Rabah merupakan tabiin dari ulama thabiqat  mekkah yang lebih paham ilmu tafsir sebagaimana di sebutkan oleh Ibnu Taimiyah yang di kutib oleh Imam As-Sayuthi “orang-orang yang paling pandai tentang tafsir ialah tabi’in mekkah, karena mereka dari sahabat/murid Ibn Abbas”. Pada abad ini juga muncul Aban Ibn Taghlib dengan karyanya kitab Al-Gharib Fil Qur’an. Abu Sa'id Aban ibn Taghlib ibn Rubah Al-Kindi yang wafat pada tahun 141 H. Merupakan ulama dari barisan Syi'ah yang membuahkan karya dalam Ilmu Gharib Quran dengan nama Al-Gharib fil Quran. Walaupun ia seorang Syi’i namun ia seorang yang jujur, Adz-Dzahabi berkata,

أَبَانُ بْنُ تَغْلِبَ الْكُوْفِىُّ شِيْعِيٌّ جِلْدٌ ، لَكِنَّهُ صَدُوْقٌ ، فَلَنَا صِدْقُهُ وَعَلَيْهِ بِدْعَتُهُ
Aban bin Taghlib Al-Kufi adalah seorang Syi’ah tulen, tetapi dia adalah seorang yang jujur. Maka, kita ambil kejujurannya, dan biarlah dia yang menanggung bid’ahnya.


Kemudian juga ada Zaid bin Ali dengan karyanya Tafsir Gharib Al-Quran Al-Majid, Akhbar Zaid bin Ali Serta juga Abu Fayd Muarrij bin Amr al-Sadusi (w. 195 H.) yang menulis Kitab Gharib Quran, ia merupakan ahli bahasa/nahwu.

PERKEMBANGAN ILMU GHARIB

1.     Kegiatan untuk memahami makna-makna Al-Qur’an dan lafaz gharib di dalamnya, telah di mulai sejak awal sejarah Islam. Kajian awal yang dapat kita lacak adalah apa yang diriwayatkan oleh Ibnu Abbas berupa jawaban-jawaban mengenai persoalan yang di tanyakan kepadanya oleh Nafi’ bin Al-Azraq. Juga apa yang diriwayatkan dari Ibnu Abbas dari Ali bin Abi Thalhah. Dan riwayat Ibnu Abbas yang terdapat dalam Tahziib Atha’ bin Abi Rabah (114 H). Kemudian muncullah karangan para Ulama mengenai tafsir dari lafaz-lafaz gharib Al-Qur’an. Menurut hitungan para ulama lebih dari 50 karangan yang membahas permasalahan lafaz gharib dalam Al-Qur’an.
2.   Pada periode kedua dan ketiga H, telah bermunculan karangan-karangan mengenai gharib Al-Qur’an. Di antaranya kitab yang di tulis oleh Abul Hasan Ali bin Hamzah Al Kisa’i dan Abi Faid Al Muarij bin Umar As Sadusy, mereka adalah para ahli pada zaman ke dua, Abu Muhammad Yahya bin Al Mubaraq Al Yazidi, Abi Hasan bin Syamil, Abu Ubaidah Ma’mar bin Mutsanna, Abi Said Abdul Malik bin Qarib Al-Ashma’iy. Salah satu kitab yang sampai kepada kita adalah Gharib Al-Qur’an karangan Abi muhammad Abdillah bin Muslim bin Qutaibah Ad Dainury ( 276 H).
3.     Kemudian pada abad ke-4 H, Abu Bakar Muhammad bin Aziz bin Ahmad As Sijistani (330 H), menulis kitab yang membahas mengenai lafaz gharib dalam Al-Qur’an yang berjudul:
نز هة القلوب ف تفسير علام الغيوب

Sedangkan pada abad ke-5 kitab yang berjudul :
العمدة فيغريب القران
Karangan Makkiy bin Abi Talib Al Qaysi (437 H). Kitab ini dapat ditelusuri hingga sekarang.

PERBEDAAN GHARIB DENGAN ILMU GHARIB
           
غريب :
Asing, samar-samar, sulit dipahami

غريب القران :
Lafaz-lafaz Al-Qur’an yang sukar pemahamannya sehingga sulit dimengerti maknanya

علم غريب القران :
 Ilmu yang membahas lafaz-lafaz Al-Qur’an yang sukar dipahami sehingga sulit di mengerti maknanya

SUMBER

As-Shabuny, Ali. 2016. Kamus Al-Quran. __:Shahih.
Al-'Aqil, Muhammad bin A. W. 2002. Manhaj 'Aqidah Imam asy-Syafi'i. Jakarta: Pustaka Imam Syafii.
Akaha , Abduh Zulfidar. 2008. Belajar Dari Akhlaq Ustadz Salafi. Jakarta: Pustaka Al-Kautsar.
http://id.wikishia.net/view/Zaid_bin_Ali

1 comment for "SEJARAH ILMU GHARIB AL QUR'AN DAN PERKEMBANGANNYA"

  1. Website paling ternama dan paling terpercaya di Asia
    Sistem pelayanan 24 Jam Non-Stop bersama dengan CS Berpengalaman respon tercepat
    Memiliki 8 Jenis game yang sangat digemari oleh seluruh peminat poker / domino
    Link Alternatif :
    arena-domino.net
    arena-domino.org
    100% Memuaskan ^-^

    ReplyDelete

Follow By Email