Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Keutamaan Membaca Surah al-Wāqiʽah



Penjelasan dari berbagai kitab seperti kitab hadist atau tafsir ditemukan bahwa surah al-Wāqiʽah adalah salah satu surah dari al-Qur’an yang dikenal sebagai surah yang membawakan rezeki dan penuh berkah, walaupun kandungan didalamnya bukan hanya menerangkan tentang rezeki saja, tetapi juga dijelaskan tentang kejadian hari akhir. Surah  al-Wāqiʽah keberkahannya mampu menjauhkan dari kemiskinan dan mendatangkan atau memudahkan rezeki bagi siapa saja yang membacanya dengan rutin, yakin serta istiqomah.  Penjelasan tentang keutamaan surah al-Wāqiʽah dalam kitab hadis diantaranya:

أخبرنا أبو طاهر الفقيه أنا أبو حامد بن بلال ثنا ابوالا حوص اسماعيل بن ابرهيم الاسفرائيني ثناابو الفضل البصري ثنا السري بن يحي ثنا شجاع عن أبي ظبية عن ابن مسعود قال: قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: من قرأء سورةالواقعة في كل ليلة لم يصبه فاقة أبدا



Artinya: “Diceritakan dari Abū Tāhir  al-Faqīh, diceritakan dari Abū Ḥāmid bin Bilāl, diceritakan dari Abū al-Aḥwaṣ Ismāʽīl bin Ibrahīm al-Asfarā’īny, diceritakan dari Abū al-ʽAbbās bin al-Faḍal al-Baṣry, diceritakan dari as-Surry bin Yaḥya, diceritakan dari Syujaʽ dari Aby Ẓabiyah dari Ibnu Masʽūd berkata: Rasūlullah bersabda: ‘Barangsiapa yang membaca surah al-Wāqiʽah di setiap malam, maka tidak akan tertimpa kemiskinan selamanya”.

Sumber: Imām Aby Bakar Aḥmad bin Ḥusain al-Baihaqy, Syuʽabul Imān, Juz II (Bairut Libanon: Dārul al-Kitab al-ʽAlamiyyah, 374-458 H), hlm. 491-492.

Bahkan dari beragam tradisi membaca al-Qur’an biasanya sebagian tempat mengkhususkan membaca al-Qur’an pada waktu tertentu, misalnya pada malam jum’at setelah maghrib di Pondok Pesantren Ummul Ayman membaca surah al-Kahfi dan surah Yasiin setiap malam setelah maghrib dan jika surah al-Wāqiʽah dan surah az-Zariyat setiap hari setelah subuh. Dan tradisi ini juga sering dilakukan di Pondok Pesantren Sunan Kalijogo Purwosari Patebon Kendal. 



Mahlil Al mudassa
Mahlil Al mudassa Hamba Allah yang sering nyangkut di dunia maya via atribut fana. Slogan BISYEL Email: mahlilflanstsr@gmail.com

Post a comment for "Keutamaan Membaca Surah al-Wāqiʽah "

Follow By Email