Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Nasehat Tahun Baru Dalam Islam


Sesungguhnya, setiap hari yang kita jalani adalah hari yang baru, jam yang baru, menit bahkan detik pun baru. Keberuntungan bukan karena hari yang baru, keberuntungan adalah bagi siapapun yang mengisi harinya dengan sesuatu yang lebih baik.

Ada empat ciri orang yang berhasil dan beruntung melewati waktunya seperti dalam surah al-'Ashr:

Pertama adalah aamanuu yang tiap waktunya meningkatkan kualitas iman dengan semakin paham kebenaran kuncinya adalah ilmu, tiap hari harus bertambah ilmu yang membuat kita yakin kepada Allah itulah hari yang beruntung.

Yang kedua, wa 'amilus shaalihaat setiap waktu yang dijalani dipastikan menjadi amal shaleh, kita pasti mati dan tidak akan membawa dunia berikut juga isinya kecuali amal-amal kita. Syarat amal shaleh hanya dua, niat yang lurus Lillahi Ta'ala dan 'amal yang benar sesuai tuntunan yang dibawa oleh Rasulullah SAW. Oleh karena itu fokuslah dalam dua hal ini dalam menjalani waktu agar bias menjadi sebenar-benarnya amal shaleh, luruskan niat dan benarkan sikap.

Yang ketiga, tawaasaw bilhaq saling berwasiat dalam kebenaran, keberuntungan dalam waktu adalah, ketika pribadi kita menjadi bukti kebenaran sehingga diam, gerak dan berbicara kita sudah menjadi nasihat bagi yang lain dan nikmatilah nasihat dari orang lain sebagai bagian dari karunia Allah.

Dan yang keempat adalah tawaasaw bissabri, setiap saat kita berlatih bermujahadah untuk bisa menahan diri dan mengendalikan diri, karena semua masalah timbul akibat kita tidak bisa menahan diri dan tidak bisa mengendalikan diri. oleh karenanya hari demi hari adaalah hari-hari berlatih agar semakin indah hidup kita karena kita bisa mengendalikan dan menahan diri. 

Ustadz AA Gym berkata: Percayalah, seseorang akan menjadi bagus bukan karena waktu yang berubah tetapi karena pribadi yang berubah, selamat menikmati hari-hari yang baru, jam demi jam yang baru, detik demi detik yang baru. 
Mahlil Al mudassa
Mahlil Al mudassa Hamba Allah yang sering nyangkut di dunia maya via atribut fana. Slogan BISYEL Email: mahlilflanstsr@gmail.com

1 comment for "Nasehat Tahun Baru Dalam Islam"

Makmun said…
This comment has been removed by the author.

Follow By Email