Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kisah Lucu Nu'aiman Sahabat Rasulullah SAW


Sahabat RASULULLAH Nu’aiman merupakan sahabat Nabi yang lucu plus sangat menyebalkan tapi menyenangkan sampai-sampai Rasulullah senyum Nampak gigi gerahamnya, Bisa Jadi Inspirator Abu Nawas.

RASULULLAH SAW punya sahabat yang kocak, jahil, konyol, tapi kreatif. Dialah Nu’aiman.
Boleh jadi, dia adalah inspirator Abu Ali Al Hasan bin Hani Al Hakami atau Abu Nawas yang cerdik, kocak dan hidup pada zaman Khalifah Harun Al-Rasyid di Baghdad (806-814 M).

Nu’aiman memang gemar usil dan melucu, namun dia juga seorang mujahid sejati. Namanya tercatat sebagai Ashabul Badr karena ikut terlibat dalam Perang Badar bersama Rasulullah dan para sahabat yang lainnya.

Nuaiman pernah menjadi pemabuk yang ketagihan arak semasa zaman Rasulullah SAW. Beliau telah ditangkap dan Nabi telah mengarahkannya untuk dipukul. Beliau telah ditangkap dua kali dan kemudian dipukul lagi. Karena tidak juga merasa jera, Nabi mengarahkan supaya dipukul dengan kasut. Apabila beliau masih saja tidak berhenti minum, Rasulullah akhirnya berkata, “ Jika dia kembali (meminum arak) maka bunuhlah dia.”
Walaupun sangat tegas, Rasulullah SAW masih menaruh harapan untuk Nuaiman memperbaiki diri. Akhirnya Nuaiman bertaubat juga mengakui kesalahannya. Ia memohon ampun kepada Allah SWT.

#Hadiah Untuk RASULULLAH

Nu'aiman banyak melakukan hal-hal konyol dan jahil hingga membuat Rasulullah dan para sahabat lainnya terpikal-pikal, tidak kuat menahan tawa. Target keusilannya bukan hanya para sahabat, tapi bahkan juga Rasulullah SAW.
Suatu ketika ia melihat penjual madu yang kepanasaan dan kelihatan letih setelah berkeliling menjajakan madunya. Nu'aiman menjumpai penjual madu itu. Dia mengajaknya dan menyuruh mengantarkan madunya itu menuju rumah Rasulullah SAW.

“Nanti kamu minta juga duitnya,” ujar Nu'aiman kepada penjual madu.
Penjual madu gembira karena barang dagangannya laku. Dia akhirnya menuruti apa yang diucapkan Nuaiman. Penjual madu datang menghadap Rasulullah dengan membawa seguci madu, hadiah dari Nu'aiman. Tentu saja Rasulullah senang karena mendapatakan hadiah madu dari sahabatnya.
Namun keriangan Rasulullah itu langsung berubah menjadi sebuah keterkejutan ketika penjual madu juga meminta tagihan. “Ini madunya Rasulullah. Harganya sekian,” kata pejual madu.
Rasulullah langsung sadar telah dikerjai Nu'aiman. Mau tidak mau, beliau akhirnya membayar harga madu itu. Jadilah Rasulullah mendapatkan hadiah madu, sekaligus tagihan harganya.

Beberapa saat setelah kejadian itu, Rasulullah memanggil Nuaiman. Ia bertanya kepada sahabatnya itu mengapa melakukan hal itu.
“Saya ingin berbuat baik kepada Anda ya Rasulullah. Tetapi saya tidak punya apa-apa,” jawab Nu'aiman. Rasulullah pun tersenyum.

#Menjual Teman
Pernah suatu saat Nu’aiman berangkat bersama Sayyidina Abu Bakar ke Basrah untuk berniaga. Bersama mereka ikut pula Suwaibith bin Harmalah, yang bertugas membawa perbekalan. Nu’aiman meminta kepada Suwaibith agar diberi makanan, tapi ditolaknya karena bos mereka sedang tidak di tempat. “Tunggulah sampai Abu Bakar datang,” katanya.
Nu’aiman jengkel, lalu mengeluarkan ‘ancaman’, “Tunggu pembalasanku!”
Nu’aiman lantas menemui beberapa orang, menawarkan budaknya dengan harga sangat murah, sambil membocorkan kelemahannya, yaitu budaknya sering mengaku dirinya seorang merdeka. Yang ditawari setuju, lalu bersama Nu’aiman mereka menuju ke tempat Suwaibith duduk.
Nu’aiman menunjuk kepadanya. Tentu saja Suwaibith berontak sambil mengatakan dirinya bukan budak. Tapi si pembeli berkeras mengikatnya dan berkata, “Kami sudah paham sifatmu.”

Untung Abu Bakar segera datang dan urusan jadi gamblang.
Ketika peristiwa tersebut diceritakan kepada Nabi, beliau tersenyum.
Nu’aiman adalah pembawa kegembiraan. Mungkin karena itu, Nabi pernah berkata, “Nu’aiman akan masuk surga sambil tersenyum, karena dia sering membuat saya tersenyum.”  

Jangan lupa membuat teman kita tersenyum sehingga menghasilkan sedekah dari senyum tersebut. Ingat bercanda sepatutnya saja jangan sampai keluar jalur. 
Mahlil Al mudassa
Mahlil Al mudassa Hamba Allah yang sering nyangkut di dunia maya via atribut fana. Slogan BISYEL Email: mahlilflanstsr@gmail.com

Post a comment for "Kisah Lucu Nu'aiman Sahabat Rasulullah SAW "

Follow By Email