Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

16 Kegiatan Mahasiswa KKN/KPM Sangat Bermanfaat dan Berkesan


Kuliah Pengabdian Masyarakat (KPM) adalah kuliah dalam bentuk program yang realistis, pragmatis dan menyentuh langsung kebutuhan masyarakat khususnya dalam bidang keagamaan, sosial, kesehatan dan seni budaya Islam. Selain itu KPM bagi mahasiswa sangat bermanfaat sebagai event pelatihan turun langsung kedalam kehidupan sosial kemasyarakatan sebelum mendapat gelar kesarjanaan.

Disini saya ingin berbagi pengalaman saya selama KPM di Desa Cot Beut, mungkin tidak semua kegiatan saya paparkan disini, hanya saja kegiatan-kegiatan yang lebih berpengaruh ketika saya jalankan di desa tersebut.

1. Silaturrahmi Bersama Dengan Warga Desa Cot Beut

Sebelum kegiatan KPM UIN Ar-Raniry berjalan, terlebih dahulu mahasiswa KPM yang beranggotakan 12 orang melakukan perkenalan dengan masyarakat Gampong Cot Beut Kecamatan Kuta Baro Kabupaten Aceh Besar yang dilaksanakan di meunasah Gampong Cot Beut bertepatan pada tanggal 24 April 2019 hal ini perlu kami lakukan agar masyarakat Gampong Cot Beutmengenal kami sebagai Mahasiswa KPM yang diutus dari Universitas Negeri Ar-Raniry. Serta sedikit menjelaskan mengenai apa itu Kuliah Pengabdian Masyarakat (KPM) dan Visi Misi dari KPM itu sendiri. Selanjutnya PJ Geuchik pun menjelaskan sedikit tentang profil dan keadaan Gampong Cot Beut. Beliau juga mengatakan bahwa mayoritas masyarakat berprofesi sebagai petani, peternak, ibu rumah tangga dan hanya beberapa orang saja berprofesi sebagai PNS,. Selain dari pada itu kami perlu menyampaikan beberapa program kegiatan yang dilaksanakan oleh mahasiswa KPM di Gampong tersebut, adapun beberapa program tersebut akan dimuat dalam laporan ini.

Dalam acara perkenalan ini kami sebagai mahasiswa KPM mengetahui gambaran secara umum pekerjaan/kegiatan warga Gampong serta ekonomi masyarakat Gampong Cot Beut tersebut. Hal tersebut tentunya memudahkan mahasiswa KPM dalam menelusuri pelosok Gampong untuk mengetahui dimana letak perbatasan serta bisa mengunjungi bermacam kelebihan Gampong tersebut Kami juga mengunjungi rumah-rumah Perangkat Gampong mulai dari rumah Geuchik, Sekdes, dan Imam Chik.

Kegiatan berkunjung tersebut kami lakukan beberapa hari setelah perkenalan dengan masyarakat Gampong Cot Beut, adapun tujuan lainnya adalah untuk menimba ilmu dan melakukan pendekatan dengan warga Gampong Cot Beut.

2. Pembukaan TPA

Sebelum mahasiswa KPM masuk ke kampung Cot Beut, kegiatan TPA belum ada didesa tersebut.Mahasiswa KPM mempunyai inisiatif untuk membentuk TPA, pendirian mendapat dukungan dari masyarakat gampong Cot Beut. Kegiatan TPA berlangsung dari hari senin sampai dengan hari kamis dari jam 16,00 sampai dengan 18.00, dan ketika bulan ramadhan tiba kegiatan TPA dilanjutkan pada jam 10.00 sampai dengan 12.00.

3. Gotong Royong Bersama Warga Desa Cot Beut

Kegiatan gotong-royong rutin dilakukan, yaitu ketika beberapa hari sebelum menyambut bulan Ramadhan kami mengajak warga Cot Beut untuk gotong royong di Meunasah.

4. Wirid Bersama Ibu-Ibu PKK

Wirid rutin diadakan sebulan sekalioleh ibu-ibu desa Cot Beut, kegitan wirid dilakukan setelah shalat dzuhur tepat jam 14.00 sampai dengan 16.00.

5. Shalat Tasbih Bersama Di Dayah Sirajul Fata

Sebelum acara penutupan pengajian malam anak-anak digampong Cot Beut tepatnya di dayah Sirajul Fata, terlebih dahulu mahasiswa KPM dan warga desa Cot Beut melakukan shalat tasbih di deyah Sirajul Fata. 

6. Ikut Serta Dalam Penutupan Dayah Sirajul Fata Gampong Cot Beut

Dayah Sirajul Fata merupakan satu-satunya deyah pengajian malam yang ada di gampong cot Beut.Dayah ini didirikan oleh seorang ustadz Asnawi.Mahasiswa KPM (khususnya laki-laki) diundang oleh salah satu ustadz yang mengajar di dayah tersebut yaitu ustadz rahmad.Pada malam penutupan dayah tersebut mahasiswa KPM dan warga desa Cot Beut makan bersama di deyah tersebut. 

7. Silahturahmi ke Rumah Warga Desa Cot Beut

Sore hari setelah semua kegiatan disiang hari selesai, mahasiswa KPM melakukan silahturahmi kerumah-rumah warga.Di gampong Cot Beut terdapat tiga dusun yaitu, ujing lampoh, bak keubeng, dan dan ujong blang.Warga desa cot Beut menyambut hangat kedatangan kami disepanjang jalan dan rumah yang kami singgahi. 

8. Pembuatan Sabun Cupi (Sabun Cuci Piring)

Sabun Cupi merupakan salah satu dari program KPM Cot Beut. Kegiatan ini dilakukan bersama ibu-ibu di meunasah gampong Cot Beut. Ibu-ibu diajarkan bagaimana cara pembuatan sabun, dan mahasiswa memabagikan brosur cara pembuatan sabun ke warga desa Cot Beut. Bahan sabun dipesan oleh mahasiswa KPM dari Beuren, pembuatan sabun Cupi berjalan dengan lancar dan warga desa Cot Beut sangat antusias dalam mempelajarinya. 

9. Pembuatan Papan Lorong

Sebelum pelaksanaan program apa saja yang akan dilakukan di desa Cot Beut terlebih dahulu mahasiswa KPM melakukan survei lokasi untuk mengetahui apa saja sarana dan prasarana yang dibutuhkan oleh warga desa Cot Beut. Setelah survei mahasiswa KPM menemukan bahwa di desa Cot Beut tidak ditemukan papan papan penunjuk arah atau papan lorong guna untuk memudahkan siapa saja yang ingin berkunjung ke gampong Cot Beut, dan mahasiswa KPM mempunyai inisiatif untuk membuat papan lorong tersebut.

10. Cat Pagar Meunasah

Meunasah Cot Beut berdiri dengan indah ditengah-tengah desa Cot Beut.Pagar meunasah Cot Beut sudah lama tidak di cat ulang, untuk memperindah meunasah Cot Beut mahasiswa KPM mempunyai inisiatif untuk mengecet pagar meunasah, kegiatan tersebut dilakukan di waktu luang disamping kegiatan lainnya.

11. Pembuatan Tong Sampah

Pembuatan tong sampah dilakukan oleh mahasiswa KPM karena melihat di desa Cot Beut tidak terdapat tong sampah besar untuk menampung sampah-sampah yang ada di lingkungan desa Cot Beut. Tong sampah dibuat dengan drum bekas, dan kami membuat 2 tong sampah untuk warga desa cot beut.

12. Pembuatan papan PKK

Sebelumnya di gampong Cot Beut tidak ada papan PKK, mahasiswa KPM didukung oleh ibu keucik desa Cot Beut membuat papan PKK untuk diserahkan ke Ibu keucik guna untuk kepentingan PKK desa Cot Beut. 

13. Pengadaan Perlombaan

Mahasiswa KPM melaksanakan lomba dalam rangka menyambut Nuzul Qur’an, perlombaan tersebut diberi tema “SERAM” yaitu semarak ramadhan. Ada 5 cabang perlombaan yang dilombakan yaitu: Tahfidz, Tartil, adzan, mewarnai dan lomba rankin satu.

14. Persiapan Perpisahan

Sebelum acara perpisahan dilakukan terlebih dahulu mahasiswa KPM menyiapkan skedul acara yang akan dilakukan di acara perpisahan. Persiapan yang dilakukan meliputi persiapan hadiah untuk peserta lomba semarak ramdhan, pemesanan kue untuk warga desa, persiapan panggung dan sound untuk acara, serta undangan untuk para tamu dan perangkat desa Cot Beut.

15. Acara Buka Puasa Bersama Warga Desa Cot Beut

Sebelum buka puasa dilakukan warga desa Cot Beut terlebih dahulu mempersiapkan menu yang akan disajikan pada saat berbuka, warga desa dan mahasiwa KPM berbagi tugas dalam persiapan acara buka puasa nantinya.Buka puasa dilakukan bersama pemuda, anak yatim dan warga desa Cot beut. 

16. Perpisahan dan Penutupan di Desa Cot Beut sekalian pembagian cendra mata, pembagian hadiah lomba SERAM (Semarak Ramadhan)  

Acara perpisahan bersama warga desa Cot Beut dilakukan pada tanggal 27 Mei 2019, acara tersebut sekalian dengan pembagian cendramata ke warga desa Cot Beut dan pembagian hadiah ke peserta lomba semarak ramadhan (SERAM).

Mahlil Al mudassa
Mahlil Al mudassa Hamba Allah yang sering nyangkut di dunia maya via atribut fana. Slogan BISYEL Email: mahlilflanstsr@gmail.com

2 comments for "16 Kegiatan Mahasiswa KKN/KPM Sangat Bermanfaat dan Berkesan"

Unknown said…
Good job ustad mahlil
thanks gure

Follow By Email