Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Persiapan Orang Tua Dalam Islam Sebelum Aqil Baligh Bagi Anak Laki-laki dan Perempuan

Persiapan Orang Tua Untuk Anak

Apa yang harus dilakukkan orang tua dalam mempersiapkan Aqil Baligh pada anak Laki-Laki dan Perempuan?

Suruh anak kamu shalat ketika umur anak kamu tujuh tahun

Jadi tidak bisa kita perlakukan bagi anak-anak udah kelas enam SD kita ceramahkan dari A sampai Z, tidak begitu proses pendidikan dalam agama Islam.

Jadi dalam Islam itu caranya bertahap, sebelum umur tujuh tahun mestinya sudah hafal surat-surat pendek, setidaknya sudah bisa menghafal Al-Fatihah dan rukun shalat.

Ngajinya sudah betul, sekalipun tidak bisa baca.

Bagaimana ngaji betul tapi ngak bisa baca?

Karena dalam Islam orang itu ngak baca tapi dengar suara, seperti halnya anak sering mendengar suara bacaan Al-Fatihah dari Ibunya ia ngak bisa baca tapi dia hafal. 

Kemudian setelah umur tujuh tahun, baru suruh anak shalat 

Pukul dia umur sepuluh tahun atau berkisar kelas enam SD, demikian bila ia ngak shalat

Sampai anak Aqil baligh maka ia sudah jadi mukallaf, artinya semua amalan dia pikul karena sudah menjadi wajib

Begitu juga bagi anak Perempuan kasih tahu ia untuk menutup aurat kalau sudah baligh yaitu sudah sampai Haid tidak boleh nampak seluruh tubuhnya kecuali wajah dan telapak tangan baik dari sisi dhahir dan batin, beda dengan anak laki-laki hanya dari lutuh hingga pusar.

Dan jangan bermake-up seperti orang jahiliyah, jangan jalan bersama yang bukan mahram. Karena wanita itu ada sisi kemuliaan dan kehormatan maka jaga itu.

Dan beritahu juga bagi anak perempuan larangan-larangan bagi perempuan kalau sedang Haid, bagaimana dia mandi, bagaimana dia membersihkannya, bagaimana dia bersuci, bagaimana larangan-larangan yang tidak boleh seperti tidak boleh shalat, puasa, i'tikaf, tidak boleh masuk masjid, tidak boleh pegang Al-Qur'an, bawa dan baca Al-Qur'an. 

Diajarkan kepada dia bahwa:

Menutup aurat itu kehormatan Nak, kalau ada orang yang mengatakan membuka-buka itu adalah untuk mengikuti zaman modernnn. Kalaulah simbul kemodernnan tersebut membuka aurat maka Monyet lebih modern wahai anakku.

Nah yang demikian mesti kita ajarkan bagi anak, didik anak kita sekarang dari kecil supaya kokoh dikala dewasa nanti.
Syukran, semoga bermanfaat.

Mahlil Al mudassa
Mahlil Al mudassa Hamba Allah yang sering nyangkut di dunia maya via atribut fana. Slogan BISYEL Email: mahlilflanstsr@gmail.com

Post a comment for "Persiapan Orang Tua Dalam Islam Sebelum Aqil Baligh Bagi Anak Laki-laki dan Perempuan"

Follow By Email