Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kenapa Khabib Nurmagomedov Tidak Pernah Terkalahkan di UFC

Di balik ketenaran Khabib Nurmagomedov
Renungan UFC
Demam Khabib Nurmagomedov sedang menjangkiti berbagai belahan bumi. Namun tidak perlu khawatir, demam kali ini bukanlah jenis penyakit melainkan semacam hype atau kehebohan terhadap seseorang 

Terlepas dari sudut pandang pribadi juga pandangan keagamaan kita selama ini terhadap berbagai kompetisi olahraga seperti sepak bola, tinju, UFC dan lain-lain. 

Ternyata ada banyak juga hikmah yang bisa kita dapatkan didalamnya
seperti halnya dari seorang Khabib Nurmagomedov ini.

Munculnya Khabib sebagai petarung tak terkalahkan sampai Ia memutuskan untuk pensiun dari arena UFC, tentu mengundang kekaguman sekaligus tanda tanya, 

Apalagi Ia berasal dari wilayah antah berantah dan beragama Islam, kalau kita melihat berbagai informasi dan video tentang Dia, Khabib ini memang berasal dari Dagestan sebuah wilayah di pegunungan Rusia yang dari dulunya memang sudah sangat kental keIslamannya 

Nah apa saja yang istimewa dari sosok Khabib ini? 

Pertama: Pantang menyerah.

Dimana semasa remajanya ternyata Khabib tidak langsung sehebat atau termasyhur seperti sekarang 

Dia juga mengalami berbagai kekalahan. Namun, karena sifat pantang menyerah dan mau berlatih extra lah pelan namun pasti kemampuannya terus meningkat dengan signifikan 

Yang Kedua: Berani berbeda dan menantang arus, sebagaimana dalam video yang beredar, Khabib ini memang berani berbeda dari sejak kecil 

Semisal mau berlatih tarung dengan Beruang, berenang melawan arus di sungai deras, lari naik turun perbukitan terjal dan lain-lain.

Yang Ketiga: Sangat percaya diri dan jelas cita-citanya sedari awal, yaitu menjadi juara dunia kompetisi beladiri.
 
Yang Keempat: Menjaga hubungan baik dengan orang tua, saudara, sesama dan masyarakat dari berbagai foto dan video kita bisa menyimpulkan bahwa Khabib ini adalah sosok yang rendah hati dan tidak sombong.

Khabib terlihat sangat menjaga hubungan baik dengan orang tuanya, saudaranya, rekannya dan masyarakat. 

Hormat yang lebih tua dan sayang terhadap yang lebih kecil 

Kelima: Sosok yang religius dan berprinsip, Yap sisi religius dan berprinsip nya itulah yang selama ini mampu membuat Khabid bisa fokus dan menjauhkan diri dari hingar bingar kehidupan seorang bintang olahraga sebagaimana pada umumnya.

Dan itu jugalah yang membuatnya lebih dihormati lagi oleh kawan dan lawan.

Yang keenam: Khabib ini orang yang mampu berdakwah atau menginspirasi orang dengar perbuatannya. Ia sosok seperti Khabib, Muhammad Salah Muhammad Ali dan Karim Abdul Jabbar selama ini, mampu menjadi duta olahraga yang baik sehingga banyak penggemarnya menjadi tertarik untuk mengenal langsung agamanya yaitu Islam.


Islam yang mengajarkan untuk ramah, humanis, membumi tapi juga tetap berprinsip dan terus berprestasi 

Dan menjadi duta yang baik seperti itu tentu tidak bisa dilakukan oleh semua orang, ini senada dengan diungkapkan oleh Khabib.
Orang non muslim itu tidak membaca Al-Qur'an, mereka juga tidak membaca Hadist, yang mereka baca adalah dirimu. Jadilah cerminan Islam yang baik
'Yaa, ucapan Khabib ini memang sangat relate dan pasti berdasarkan pemahaman yang matang tentang dakwah, betapa banyak di lingkungan kita saudara-saudara kita yang harusnya sudah mendapatkan Taufik, Hidayah dan sudut pandang yang baik tentang Islam.

Namun, mereka terhalang justru oleh tingkah laku sebagian kita, tingkah sebagian tokoh agama kita yang dalam kesehariannya mungkin kurang mencerminkan nilai-nilai ajaran Islam yang baik, benar dan luhur.

Sehingga membuat saudara-saudara kita yang belum pernah baca Alquran dan Hadist itu langsung menyimpulkan bahwa Islam itu tidak baik, hanya karena menilai tingkah laku kita sebagai cerminan langsung dari Islam sendiri.

Semoga ini jadi bahan koreksi kita bersama, semoga kita tidak jadi penghalang bagi orang lain untuk mendapat Hidayah dan tidak menjadi penghalang bagi orang lain menilai Islam dan kebaikan ajaranya.

Jelas bisa kita simpulkan bahwa dari kisah Khabib, Muhammad Salah, Muhammad Ali, Kareem Abdul Jabbar kita bisa belajar bahwa kita harus bisa jadi Duta yang baik untuk agama kita sendiri terlepas dari apapun pekerjaan kita.
Mahlil Al mudassa
Mahlil Al mudassa Hamba Allah yang sering nyangkut di dunia maya via atribut fana. Slogan BISYEL Email: mahlilflanstsr@gmail.com

Post a comment for "Kenapa Khabib Nurmagomedov Tidak Pernah Terkalahkan di UFC"

Follow By Email