Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting ADS Search Google

Terkuak Kebenaran Cerita Mistis TARIAN SINTREN

Tarian Sintren Cirebon
Tarian Sintren   

Belakangan ini heboh dengan adanya cerita mistis di beberapa desa yang ada di Cirebon, yaitu mistisnya acara TARIAN SINTREN  

Berikut beberapa narasumber yang pernah ngalamin langsung ke desa tersebut dan melihat pertunjukkan tarian sintren. 

Dikutip dari narasumber koment kanal youtube Irma Story

Kakekku orang Cirebon, dan dari dulu kalau aku mudik suka nonton pertunjukan Tari Sintren, dan memang udah budaya disana seperti itu. 

Btw aku dari lahir sampai sekarang tinggalnya di jakarta, yah karna ayahku orang Betawi menikah sama ibuku yang keturunan Cirebon jadi ibuku yang merantau ikut ayahku. 

Makanya kita suka mudik gtu, karena aku ga tinggal di kampung dan udah biasa dengan perkembangan zaman di kota jadi setiap lihat Tarian ini berasa beda banget Aura nya.

Apalagi kalau penarinya udah keluar dari kurungan ayam itu kaya berubah, bukan seperti orang aslinya yang nari, tapi benar-benar kaya di rasuki sosok yang ahli banget menari, entah benar atau tidak kalau yang masuk itu bidadari.

Dikutip dari narasumber koment kanal youtube Iucky Man

Tiap tahun pasti balik ke Cirebon, gak tau ada cerita penari sintren ini, dan pertama kali mudik Cirebon tahun 2000an, suasana Cirebon memang masih asri, kental dengan mistis apalagi masuk desa orang tuaku, yang dimana jalan masuk ada pemakaman dihiasi pohon di kanan dan kiri, daun dan dahannya menjuntai ke tengah jalan seakan gapura yang di jaga pengawal pake tombak. 

Di kasih wejangan kalo mau melewati jalan itu harus klakson bagi yang pake kendaraan.

Konon katanya, kalau ada yang punya niat jahat mau masuk desa itu, bakal kecelakaan disitu. wallahualam. 

Yahhh, sekarang udah ikut zaman jadi gak terlalu gimana-gimana lagi, Cuma suka bete aja, pas naik ojol pulang malam tau lokasi tujuan aku dimana, selalu di reject, malah sampai 3 kali direject. Eh,, dapatnya si bapak ojol itu lagi, akhirnya tetap dianterin dengan kecepatan maksimum pokoknya takut, lucu hingga panik jadi satu.

Dikutip dari narasumber koment kanal youtube Mohammad Riezky

Salah satu mistis dibalik Tarian sintren adalah tariannya terdapat cerita yang keren. Dulu waktu kecil beberapa kali nonton pertunjukan tari sintren, dan memang secara nalar itu sangat-sangat mistis. 

Penari diikat, tanpa menggunakan pakaian tari dan riasan wajah, lalu diberikan baca-bacaan oleh 'orang sakti' penari dimasukkan kedalam kurungan, lalu dibuka penari sudah cantik dengan pakaian tari yang sangat indah dan juga paras penari yang sangat cantik. 

Penari akan menari, namun jika di lempar dengan uang koin penari akan pingsan, lalu diberikan baca-bacaan untuk membuat penari sadar dan menari kembali, lalu jika di lempar dengan uang koin akan kembali pingsan. 
Mahlil Al mudassa
Mahlil Al mudassa Hamba Allah yang sering nyangkut di dunia maya via atribut fana. Slogan BISYEL Email: mahlilflanstsr@gmail.com

Post a Comment for "Terkuak Kebenaran Cerita Mistis TARIAN SINTREN "